ANTISIPASI BANJIR, POLSEK GARUT KOTA LAKUKAN BINLUH

POLRES GARUT – Intensitas turunnya hujan yang semakin sering membuat dampak terhadap penambahan volume debit air di sungai saat terjadinya hujan deras, apalagi jika terdapat sumbatan atau hambatan arus air sungai yang menjadikan bencana banjir akibat luapan air sungai keluar dari jalurnya. Banjir dapat dikatakan adalah sebuah peristiwa terjadinya genangan […]

POLRES GARUT – Intensitas turunnya hujan yang semakin sering membuat dampak terhadap penambahan volume debit air di sungai saat terjadinya hujan deras, apalagi jika terdapat sumbatan atau hambatan arus air sungai yang menjadikan bencana banjir akibat luapan air sungai keluar dari jalurnya.

Banjir dapat dikatakan adalah sebuah peristiwa terjadinya genangan air di areal tertentu sebagai akibat meluapnya air sungai dan atau/laut (besarnya volume air yang dialirkan oleh sungai maupun badan-badan air melebihi besarnya kapasitas daya tampung atau kapasitas pengalirnya) yang menimbulkan kerugian baik materi maupun non materi terhadap manusia dan lingkungan.

Sedangkan Penyebab Banjir diantaranya karena Peristiwa alam ( Curah Hujan yang tinggi, Pasang Air Laut, Erosi dan menumpuknya sedimen yang mengakibatkan pendangkalan dan penyempitan serta sungai membentuk delta di muara, Kapasitas air sungai tidak sebanding dengan debit) atau karena Kegiatan Manusia ( Penebangan hutan, Perubahan dan pemanfaatan tata ruang yang tidak terkendali, Kesadaran masyarakat yang kurang seperti membuang sampah sembarang tempat,pemukiman di bantaran, Pemeliharaan drainase yang kurang )

Mengingat dampak dari bahaya bencana banjir yang mungkin timbul di wilayah desa binaannya,  Bripka H. Iwan melakukan langkah awal pencegahan dengan melaksanakan kegiatan pengarahan dan penanggulangan Banjir di Kelurahan Regol Rw. 10 dan  Rw.20, Kecamatan Garut Kota.

Dengan adanya pemberian informasi ini warga masyarakat akan segera mempesiapkan diri ataupun melakukan kebersihan jalur sungai yang melewati daerah desa binaannya sehingga aman dari bahaya bencana banjir.

polresgarut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

SERAH TERIMA KADES BARUSARI BERJALAN AMAN

Sun Jul 24 , 2016
POLRES GARUT – Bertempat di Aula desa barusari pukul 08.00 Wib sampai dengan 10.30 Wib telah dilaksanakan kegiatan serah terima jabatan Pjs Kepala Desa Barusari Kegiatan serah terima dari pejabat desa Barusari dari pejabat yang lama H.Agus kepada Pjs Encang dengan Hadir pada kesempatan tersebut unsur muspika, BPD, LPM Desa […]