Bersama Warga, Kapolsek Kadungora Bantu Padamkan Api yang Menghanguskan Rumah di Desa Harumansari

Polres Garut – Polsek Kadungora, Kapolsek Kadungora AKP Jajang Rachmat S.Sos M.Si bersama sejumlah anggota Polsek Kadungora mendatangi lokasi kebakaran di Desa Harumansari, Kec. Kadungora, Kab. Garut  milik Sdr.Undang, Selasa (22/5/18). Peristiwa tersebut terjadi Pagi hari sekira pukul 07.00 Wib dan baru berhasil dipadamkan pada pukul 08.00 Wib  bersama aparat […]

Polres Garut – Polsek Kadungora, Kapolsek Kadungora AKP Jajang Rachmat S.Sos M.Si bersama sejumlah anggota Polsek Kadungora mendatangi lokasi kebakaran di Desa Harumansari, Kec. Kadungora, Kab. Garut  milik Sdr.Undang, Selasa (22/5/18).

Peristiwa tersebut terjadi Pagi hari sekira pukul 07.00 Wib dan baru berhasil dipadamkan pada pukul 08.00 Wib  bersama aparat Polsek Kadungora dan warga membantu memadamkan api.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa itu namun kerugian ditaksir mencapai 100 juta rupiah, setelah api padam Kapolsek Kadungora melakukan olah TKP terkait penyebab kebakaran rumah.

Dirangkum dari situs Badan Nasional Penanggulangan Bencana berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk mencegah amukan si jago merah, yakni :
(1) Bijak menggunakan listrik dan peralatannya
Sebaiknya Anda tidak menggunakan peralatan listrik yang melebihi beban kapasitas meter listrik. Di samping itu, hindari pemasangan instalasi listrik dengan terlalu banyak sambungan di rumah dengan isolasi, karena apabila terkena panas listrik mudah memuai dan mengelupas.
(2) Jauhkan barang-barang pemicu api
Pertama, Anda harus tahu barang apa saja yang dapat memicu api. Tidak hanya korek api, minyak tanah, dan tabung gas saja, tetapi botol-botol parfum dan hairspray juga dapat memicu api. Sebaiknya Anda menyimpan peralatan tersebut dengan rapi di tempat yang jauh dari jangkauan api dan anak-anak.
(3) Bijak menggunakan tabung dan kompor gas
Perbanyaklah pengetahuan Anda tentang tabung gas dan kompor gas. Salah satunya adalah dengan tidak menyolok bibir tabung gas dengan pisau. Selain itu, jika Anda merencanakan bepergian untuk waktu yang relatif lama, sebaiknya lepaskan tabung gas dari kompor.
(4) Sediakan alat pemadam kebakaran di rumah
Ada baiknya Anda mempunyai alat pemadam kebakaran sederhana di dalam rumah. Pemasangan alat deteksi asap pun akan membawa keuntungan yang lebih bagi Anda.
(5) Waspada Rokok
Bagi perokok, sebaiknya Anda tidak merokok di dalam rumah, karena bara api akan dengan mudah memicu kebaran. Akan lebih baik lagi jika Anda belajar untuk berhenti merokok.

 

 

polresgarut

Next Post

"Kuliah Subuh" Personil Polsek Malangbong

Tue May 22 , 2018
Polres Garut – Pada hari Selasa tanggal 22 Mei 2018 sekitar pukul 04.30 WIB dengan bertempat di Wilayah hukum Polres Garut tepatnya di Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Anggota Polsek Malangbong telah melaksanakan Sholat Subuh Berjama’ah  bersama warga Desa Bunisari dengan Imam Sholat Subuh ialah Bapak Encum. Anggota Polsek Malangbong berkesempatan memberikan pesan […]