Lampu Lalu Lintas ( APILL ) Wilayah Perkotaan Garut

Garut, Lampu lalu lintas (menurut UU no. 22/2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan: alat pemberi isyarat lalu lintas atau APILL) adalah lampu yang mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan, tempat penyeberangan pejalan kaki (zebra cross), dan tempat arus lalu lintas lainnya. Lampu ini yang menandakan kapan […]

Garut, Lampu lalu lintas (menurut UU no. 22/2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan: alat pemberi isyarat lalu lintas atau APILL) adalah lampu yang mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan, tempat penyeberangan pejalan kaki (zebra cross), dan tempat arus lalu lintas lainnya.

Lampu ini yang menandakan kapan kendaraan harus berjalan dan berhenti secara bergantian dari berbagai arah.

Pengaturan lalu lintas di persimpangan jalan dimaksudkan untuk mengatur pergerakan kendaraan pada masing-masing kelompok pergerakan kendaraan agar dapat bergerak secara bergantian sehingga tidak saling mengganggu antar-arus yang ada.

Lampu lalu lintas telah diadopsi di hampir semua kota di dunia ini. Lampu ini menggunakan warna yang diakui secara universal; untuk menandakan berhenti adalah warna merah, hati-hati yang ditandai dengan warna kuning, dan hijau yang berarti dapat berjalan.

Tujuan adanya lampu lalu-lintas adalah Menghindari hambatan karena adanya perbedaan arus jalan bagi pergerakan kendaraan, Memfasilitasi persimpangan antara jalan utama untuk kendaraan dan pejalan kaki dengan jalan sekunder sehingga kelancaran arus lalu lintas dapat terjamin, Mengurangi tingkat kecelakaan yang diakibatkan oleh tabrakan karena perbedaan arus jalan.

Di wilayah perkotaan Kabupaten Garut lampu Polisi memiliki 2 ( dua ) buah yaitu di lokasi Perempatan Sukadana dan Perempatan Maktal.

Kasubbag Humas Polres Garut AKP Ridwan TB membenarkan bahwa terdapat 2 buah lampu polisi di wilayah perkotaan kabuupaten Garut, kehadiran petugas Polantas sangat penting di persimpangan untuk mengatur Lalu-Lintas.

polresgarut

Next Post

Kapolsek Leles Mengajak Warga Antisipasi Kerawanan Kriminalitas

Sat May 19 , 2018
Garut, Kegiatan Jum’at keliling yang dilakukan oleh beberapa Kapolsek dan anggota bhabinkamtibmas jajaran Polres Garut masih terus di galakan secara rutin dan bereklanjutan. Seperti yang dilakukan oleh Kapolsek Leles AKP Asep Muslihat, SH saat berada di wilayah Desa Haruman tepatnya di kampung Pangampaan berkesmpatan melaksanakan kegiatan shalat Jum’at di Masjid […]