POLRES GARUT DAN BANDUNG LAKUKAN ONE WAY DALAM SIMULASI GLADI

POLRES GARUT –  Dalam manajemen lalu – lintas ada yang namanya sistem satu arah (SSA) yang mengandung arti sebagai suatu pola lalu lintas yang dilakukan dengan merubah jalan dua arah menjadi jalan satu arah yang berfungsi untuk meningkatkan keselamatan dan kapasitas jalan dan persimpangan sehingga meningkatkan kelancaran lalu lintas yang […]

format websiter perwiraPOLRES GARUT –  Dalam manajemen lalu – lintas ada yang namanya sistem satu arah (SSA) yang mengandung arti sebagai suatu pola lalu lintas yang dilakukan dengan merubah jalan dua arah menjadi jalan satu arah yang berfungsi untuk meningkatkan keselamatan dan kapasitas jalan dan persimpangan sehingga meningkatkan kelancaran lalu lintas yang biasanya diterapkan diwilayah perkotaan, sistem ini banyak diterapkan di Indonesia, seperti secara luas di beberapa kota

Teknik ini digunakan dengan tujuan untuk mengurangi kemacetan dan tundaan (delay) lalu lintas, melalui pengaturan arah pergerakan lalu lintas. Keuntungan lain yang diharapan dari teknik adalah mengurangi angka kecelakaan.

Salah satu dari beberapa keuntungan yang didapat dari sistem ini adalah Kapasitas kemampuan ruas jalan bertambah sehingga kecepatan operasi kendaraan bertambah, kerapatan berkurang, arus (flow) bertambah dan tundaan berkurang.

Dari pemahaman tersebut Kepolisian Resor Garut bersama Kepolisian Resor Bandung melakukan gladi simulasi penerapan one way, senin ( 14/6/2016) dalam persiapan menghadapi arus Mudik dan Balik Lebaran 2016.

Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah awal dalam persiapan penanganan manajemen lalu – lintas saat arus Mudik dan Balik Lebaran tahun 2016, dimana Polres Garut dan Polres Bandung merupakan satuan yang bertanggung jawab terhadap lancarnya arus lalu-lintas selama mudik lebaran ataupun balik lebaran 2016.

Selama simulasi ini langsung dipimpin oleh Kapolres Garut dan Kapolres Bandung bersama para Kabag Ops, Kasat Lantas serta Kapolsek Jajaran yang memiliki penggal jalan Propinsi ataupun Jalan Kabupaten yang digunakan sebagai jalur jalan utama Mudik dan Balik Lebaran 2016.

Wilayah Polsek Jajaran Polres Garut yang memiliki penggal jalur jalan Propinsi diantaranya Polsek Limbangan, Polsek Cibatu, Polsek Malangbong dimana jalur ini sering dilalui kendaraan dengan volume yang cukup meningkat pada saat menjelang Lebaran.

Sedangkan Wilayah Polsek yang memilili jalur jalan Kabupaten Garut dan sebanding peningkatanya dengan jalur jalan propinsi menjelang lebaran adalah Polsek Kadungora, Polsek Leles, Polsek Banyuresmi, Polsek Tarogong.

Kegiatan gladi simulasi penerapan one way ini dilakukan dengan tujuan para personel mengenal betul daerah pengamanan saat melakukan penjagaan dan pengaturan lalu-lintas saat di lakukan one way ataupun saat penugasan menghadapi long week end.

polresgarut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

KAPOLSEK KARANGPAWITAN LAKUKAN SHALAT TARAWIH KELILING

Wed Jun 15 , 2016
POLRES GARUT –  Dalam rangka menciptakan situasi kondisi kambtibmas yang kondusif Kepala Kepolisian Sektor Karangpawitan selaku Muspika Kecamatan Karangpawitan melakukan kegiatan shalat tarawih keliling di Desa Karangpawitan, Selasa (14/6/2016). Kegiatan yang dilakukan mulai pukul 19.00 wib, sebagai bentuk pendekatan dialogis kepada warga masyarakat Kecamatan Karangpawitan dalam menyampaikan pesan – pesan […]