Polsek Malangbong Melaksanakan Evakuasi Warga Yang Terjebak Banjir Luapan Sungai Citapa

  Polres Garut – Pada hari Rabu tanggal 22 November 2017 sekitar pukul 20.00 WIB telah terjadi banjir di Kampung Cijanur Desa Sukamanah Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut dikarenakan curah hujan yang tinggi dan mengakibatkan meluapnya aliran air sungai Citatapa. Akibat kejadian banjir tersebut 10 (sepuluh ) rumah penduduk terendam setinggi kurang […]

 

Polres Garut – Pada hari Rabu tanggal 22 November 2017 sekitar pukul 20.00 WIB telah terjadi banjir di Kampung Cijanur Desa Sukamanah Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut dikarenakan curah hujan yang tinggi dan mengakibatkan meluapnya aliran air sungai Citatapa.

Akibat kejadian banjir tersebut 10 (sepuluh ) rumah penduduk terendam setinggi kurang lebih 1,5 meter , Kereta api dari Tasikmalaya menuju Bandung dan sebaliknya sampai saat ini tidak bisa dilewati oleh Kereta api dikarenakan jalur kereta terendam air dan adanya longsoran yang menutupi jalur kereta api di Kampung Cidahu Desa Haur kuning Kecamatan Malangbong yang mengakibatkan jalur kereta api mengalami pergeseran , Korban jiwa sampai saat ini tidak ada sedangkan kerugian materil belum bisa dihitung.

Anggota yang diterjunkan untuk evakuasi barang kebersihan rumah warga dan evakuasi warga yang masih terjebak banjir ialah 1 SSK Dalmas Polres Garut , 1 SST Subden IV Brimob Garut , 1 Ton BPBD kab Garut , 1 Team siaga bencana Kecamatan Malangbong. Situasi saat ini air sudah surut untuk longsoran di rel kereta api menunggu alat berat.

Banjir bandang yang terjadi di Kp.Cijanur Ds.Sukamanah Kec.Malangbong Kab.Garut diakibatkan curah hujan tinggi yang mengakibatkan meluapnya aliran air sungai citatapa.

Prediksi sementara yang dilaksanakan oleh Tim Satgas bencana Kecamatan Malangbong ialah ;

1.Adanya banjir susulan mengingat curah hujan yang masih tinggi.

2.Adanya pihak yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momen tersebut dengan menjarah barang milik warga.

Polsek Malangbong Merekomendasikan hal-hal sebagai berikut ;

1.Berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Garut untuk menurunkan tim sar.

2.Mendorong BPBD bersama unsur muspika untuk melakukan himbauan terhadap warga yang masih bertahan di lokasi banjir untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.

3.Melakukan pengamanan terhadap aset yang ditinggalkan oleh warga korban banjir.

WhatsApp Image 2017-11-23 at 08.00.31

 

 

 

polresgarut

Next Post

Anggota Sat Sabhara Polres Garut Dengan Sigap Diterjunkan Langsung Ke Lokasi Terjadinya Banjir

Thu Nov 23 , 2017
Polres Garut – Pada hari Rabu tanggal 22 November 2017 sekitar pukul 20.00 WIB telah terjadi banjir di Kampung Cijanur Desa Sukamanah Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut dikarenakan curah hujan yang tinggi dan mengakibatkan meluapnya aliran air sungai Citatapa. Akibat kejadian banjir tersebut 10 (sepuluh ) rumah penduduk terendam setinggi kurang lebih […]