TELAH TERJADI GIAT AKSI UNRAS DARI ALIANSI BURUH KAB. GARUT (KASBI, SPJM, FSFG, NIKEUBA) KE KANTOR BUPATI KAB. GARUT

Polres Garut Polda Jabar – Telah dilaksanakannya Giat Aksi Unras dari Aliansi Buruh Kab. Garut ( KASBI, SPJM, FSFG, NIKEUBA dan SABURMUSI ) ke Kantor Bupati Kab. Garut. Bertindak selaku Koorlap Sdr. Galih Rahadian P (SBCSI Garut – Kasbi), Sdr. Ishak Iskandar (FSB NIKEUBA), Sdr. Helmi Fauzi Alaudin (SPJM- FSPG), Sdr. Yudi Maulana (SP TSK-SPSI), Sdr. Taopik (SABURMUSI) dengan etimasi massa 2.500 ( Dua Ribu Lima Ratus ) Orang. Senin ( 29/11/2021).

Esensi Tuntutan dari Aliansi Buruh Kab. Garut ( KASBI, SPJM, FSFG, NIKEUBA dan SABURMUSI ) yaitu “Menuntut Bupati Garut menggunakan Hak Diskresinya untuk Upah Minimum Kabupaten Garut tahun 2022. Menuntut Bupati Garut Menetapkan Upah Minimum Kab. Garut 2022 sebesar Rp. 2.607.000,- sesuai dengan kelayakan hidup Kaum Buruh di Kab. Garut. Menuntut Kenaikan Upah Minimum Kab. Garut Tahun 2022 Minimal sebesar 25%”.

Route yang dilalui Peserta Aksi dari Aliansi Buruh Kab. Garut ( KASBI, SPJM, FSFG, NIKEUBA dan SABURMUSI ) Star PT Changsin Reksa Jaya Garut, Jl. Raya Leles, Jl. Otista, Alun -alun Tarogong Garut, Jl. Otista, Simpang Lima Garut, Jl. Pembangunan, dan Kantor Bupati Garut.

Apel Pukul 06.00 Wib bertempat di Halaman Parkir PT. Changsin Reksa Jaya. Kec. Leles Kab. Garut Aksi dari Aliansi Buruh Kab.Garut, (KASBI, FPJM, FSFG, NIKEUBA, dan SABURMUSI) yg dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Apri Rahman, SE.

serta yang turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Wakapolres Garut Kompol Yopy M Suryawibawa S.pd, S.ik, M.M, C.P.H.R.,Kasat Sabhara AKP Yudiono, S.Sis., serta 1 SSK Personil Dalmas Polres Garut.

Pukul 08.40 Wib di Lapangan Apel Setda Kab. Garut Jl. Pembangunan Kel. Sukagalih Kec. Tarkid Kab. Garut Aksi Unjuk Rasa dari Aliansi Buruh Garut yang terdiri dari SBCSI Garut – Kasbi, FSB NIKEUBA, SPJM- FSPG, SP TSK-SPSI, dan SABURMUSI, di pimpin oleh Waka Polres Garut Kompol Yopi Mulyawan Suryawibawa, S.Pd, S.I.K, C.P.H.

Hadir dalam kesempatan tab Kapolsek Tarogong Kidul Kompol Alit Kadaruaman, S.Pd, M.Si., Danramil 1111/Tarogong Kapten Inf. Toto, Panit I Lantas Polsek Tarkid Iptu Sholeh, Panit I Intelkam Polsek Tarkid Ipda Giyono, S.IP, Para PJU Polres Garut, para perwira jajaran Polres Garut, dgn jumlah anggota gabungan yg hadir seluruhnya sekitar 300 orang.

Pukul 07.00 Wib, Massa Aksi Aliansi Buruh Kab. Garut Berkumpul dan Melaksanakan Orasi di Halaman Depan PT. Changsin Reksa Jaya Garut Jl. Raya Leles Kec. Leles Kab. Garut.

Pukul 08.45 Wib, Massa Aksi Aliansi Buruh Kab. Garut bergerak menuju Kantor Bupati Garut.

Pukul 09.50 Wib, Massa Aksi Aliansi Buruh Kab. Garut sampai di Bunderan Alun-alun Tarogong Kab. Garut dan melaksanakan Orasi.

Pukul 10.15 Wib, Massa Aksi Aliansi Buruh Kab. Garut sampai di Bunderan Simpang Lima Garut dan melaksanakan Orasi.

Pukul 10.44 Wib, Massa Aksi Aliansi Buruh Kab. Garut sampai di Depan Kantor Bupati Garut dan melaksanakan Orasi.

Pukul 11.10 Wib, Bupati Garut H. Rudy Gunawan, S.H., M.H., M.P. didampingi Kabid Disnaker Kab. Garut Ricky Rizki Darajat, S.H., M.Si., Waka Polres Garut Kompol Yopy Mulyaman Suryawibawa, S.Pd., S.I.K., C.P.H.R., Kasat Intelkam Polres Garut AKP Tito Bintoro, S.H., M.Si, mendatangi Massa Aksi Aliansi Buruh Kab. Garut untuk memberikan keterangan terkait Kenaikan UMK ( Upah Minimum Kabupaten ) Kab. Garut.

Pukul 11.35 Wib, Massa Aksi Aliansi Buruh Kab. Garut melaksanakan Break Solat Duhur dan Makan Siang. Pukul 12.45 Wib, Massa Aksi Aliansi Buruh Kab. Garut melaksanakan Orasi kembali di Depan Kantor Bupati Kab. Garut. Pukul 15.15 Wib di Ruang Rapat Sekda Kab. Garut, Perwakilan Massa Aksi Aliansi Buruh Kab. Garut berjumlah 20 ( Dua Puluh ) orang melaksanakan Audiensi dengan Bupati Garut yang diwakili oleh Asda 1 Drs. H. Suherman didampingi oleh Kabid Disnaker Kab. Garut Ricky Darajat, S.H., M.Si.

Hadir dalam kesempatan tsb Kabag Ops Polres Garut Kompol Apri Rahman, S.E., Kapolsek Tarogong Kidul Kompol Alit Kadarusman, S.Pd., Kasat IK Polres Garut AKP Tito Bintoro, S.H., M.Si., Danramil Tarogong Kapten Kav. Toto Purwanto.

Penyampaian dari Perwakilan Aliansi Buruh Kab. Garut ” Harus dicabut rekomendasi UMK yang dikeluarkan oleh pa bupati pada tgl 23 dan mengganti dengan rekomendasi baru yang kita sarankan. Apakah bapa Asda 1 bisa membuat dan memutuskan rekomendasi baru UMK. Kalau tidak bisa, kami akan menunggu pa bupati di jalanan. Tolong bijak bantu kaum buruh agar mengganti rekomendasi yang sudah di ajukan. Tolong sampaikan hari ini juga ke pa bupati apabila tidak ada pencabutan dan revisi kami sepakat dgn diluar akan terus melaksanakan aksi yg bergelombang. Ketika aksi kita hari ini tidak menjadi acuan tidak menjadi perhatian, kita akan sama sama datang ke jakarta utk laporan tentang pelanggaran² yang ada di Kab. Garut kepada audit buyer. Kami hari ini tidak muluk muluk semoga apa yg kami inginkan di penuhi. Segera revisi rekomendasi sesuai dengan tuntutan”.

Penyampaian dari Asda 1 ” Semoga perjuangan rekan rekan yang lakukan untuk meningkatkan UMK di Kab. Garut terpenuhi dan terealisasikan. Dan juga kami minta doa untuk warga sukawening yang terkena bencana alam banjir bandang, semoga warga yang terdampak banjir bandang diberikan ketabahan dan kekuatan serta selalu di berikan kesehatan. Sudah jelas Asda 1 tidak bisa membuat rekomendasi baru UMK, itu merupakan kewenangan dari Pa Bupati. Kami akan mencoba fasilitasi dan menyampaikan tuntutan dari rekan rekan aliansi buruh. Substansinya cukup jelas yaitu permintaannya rekomendasi yang dikeluarkan oleh pa bupati dan segera mengeluarkan rekomendasi yg baru sesuai dgn tuntutan rekan rekan. Kami mohon maaf atas tidak hadirnya pa bupati tetapi kami akan mendorong tuntutan rekan rekan kepada pa bupati. Apapun yg temen temen sampaikan trhdp tuntutan rekan agar dicabut kami tidak bisa mencabut karena beliau masih di luar kota. Saya juga berharap hasil rapat dari bogor bisa mencabut rekomendasi yg lama dgn mengganti dengan rekomendasi yg baru supaya apa apa yg rekan² inginkan”.

Pukul 16.00 Wib, Asda 1 Drs. H. Suherman mendatangani Massa Aksi Aliansi Buruh Kab. Garut untuk memberikan keterangan terkait Tidak Bisanya Mencabut Rekomendasi Kenaikan UMK yang telah di Ajukan oleh Bupati Garut. Pukul 16.15 Wib, Massa Aksi Aliansi Buruh Kab. Garut melaksanakan Doa Bersama untuk Masyarakat Sukawening dan Karangtengah yang terdampak Bencana Alam Banjir Bandang. dan Pukul 17.20 Wib, Massa Aksi Aliansi Buruh Kab. Garut selesai melaksanakan Aksi dan Membubarkan diri.

polresgarut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

KASAT LANTAS POLRES GARUT LAKSANAKAN APEL PAGI DAN DI LANJUTKAN DENGAN SENAM AW S3

Tue Nov 30 , 2021
Polres Garut Polda Jabar – Satlantas Polres Garut telah melaksanakan kegiatan Apel pagi dilanjutkan senam AW S3. pada hari Selasa 30 November 2021. Bertempat di Halaman Aula Mumun Surachman. Pelaksana yang terlibat dalam kegiatan tersebut yaitu Kasat Lantas, Para Kanit, dan Anggota Satlantas. Kegiatan tersebut guna untuk Pelaksanaan senam pagi […]